Drawing putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia telah usai dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (17/07) sore WIB. Berdasarkan hasil drawing Indonesia terbebas dari grup neraka dan menghuni Grup G yang disebut cukup unik. Karena empat dari lima penghuni grup tersebut adalah negara Asia Tenggara, karena selain Indonesia ada nama Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Sementara stau negara lainnya adalah Uni Emirat Arab.

Kiprah Terakhir Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

Terakhir kali Timnas Indonesia berpartisipasi dalam babak kualifikasi Piala Dunia adalah pada edisi 2014, yang di mana kala itu kejuaraan sepak bola terbesar di dunia tersebut dilangsungkan di Brasil. Pada kesempatan itu Indonesia memulai perjuangannya dari putaran kedua hingga kemudian melaju ke putaran ketiga.

Pada kala itu grouping baru mulai diterapkan pada putaran ketiga, berbeda dengan edisi Piala Dunia 2022 di mana grouping babak kualifikasi sudah mulai diterapkan sejak putaran kedua. Sementara pada edisi 2014 di putaran kedua Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Timnas Turkmenistan dengan skor agregat 5-4, sehingga berhak mengikuti grouping putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2014. Pada laga leg pertama yang dilangsungkan di Turkmenistan, Timnas Indonesia berhasil bermain imbang dengan skor 1-1. Kemudian Cristian Gonzales dkk berhasil mengalahkan Timnas Turkmenistan pada laga leg kedua di Jakarta dengan skor 5-4.

Indonesia Babak Belur di Putaran Ketiga

Namun sayangnya kiprah Timnas Indonesia harus terhenti di putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2014. Berada di Grup E yang dihuni Iran, Qatar, dan Bahrain, Timnas Indonesia babak belur dengan menjadi juru kunci grup. Tidak hanya itu, tim Garuda juga tampil memalukan karena tak mampu meraih satu poin pun dan menelan enam kekalahan. Yang paling parah adalah Indonesia harus menelan kekalahan dengan skor telak 10-0 dari tuan rumah Bahrain.

Buruknya penampilan Timnas Indonesia kala itu tidak lepas dari adanya konflik dualisme kompetisi antara ISL dan IPL. Pada saat itu pemain yang di mana klubnya bermain di ISL dilarang membela Timnas Indonesia. Karena IPL dianggap sebagai kompetisi resmi, sementara ISL berlangsung tanpa restu dari PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia.

Indonesia Absen di Kualifikasi Piala Dunia 2018

Sementara Timnas Indonesia harus absen di babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Hal itu terjadi karena Indonesia masih dibekukan oleh FIFA, sehingga tidak berhak mengikuti laga resmi internasional.

Bagi kamu yang ingin mendapat lebih banyak untung dalam bermain casino, langsung saja kunjungi 988bet dan simak tip & triknya hanya di Scproject.net. Sementara untuk kamu yang haus akan informasi sepak bola terkini langsung saja klik Imagerous.com.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *